Pengertian Marketing
Marketing atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Pemasaran, memiliki peran yang sangat penting karena mempunyai kedudukan sebagai jembatan antara produsen dan konsumen. Marketing merupakan suatu sistem yang saling bertautan satu sama lain yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia melalui proses pertukaran. Oleh karena itu, sistem marketing memegang peranan yang sangat penting dalam menjalankan roda perusahaan dan menentukan keberhasilan perusahaan dengan menerapkan sistem marketing yang tepat.
Menurut seorang ahli Ilmu Ekonomi, Philip Kotler (1993:7), namun memiliki kesamaan dalam konsep dasarnya yaitu memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Secara jelas Wiliam J. Stanton, mengungkapkan "Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendististribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial."
Sekiranya dapat dipahami dan ditarik kesimpulan mengenai pengertian marketing yaitu segala proses yang berkaitan dengan penentuan harga, kebijakan distribusi, kegiatan penawaran dan kegiatan menjual produk kepada konsumen adalah merupakan komponen pemasaran atau marketing.
Internet Marketing
Internet Marketing adalah keseluruhan kegiatan pemasaran barang dan ataupun jasa kepada konsumen melalui media internet yang meliputi pembuatan konsep iklan, Penentuan segmen pasar (niche) dan kalimat-kalimat pemasaran untuk menarik konsumen. Kegiatan Internet Marketing secara umum dilakukan melalui website/blog, email, social media, serta periklanan melalui mesin pencari seperti Gogle, Yahoo, Bing dan lain sebagainya
Internet marketing memiliki kelebihan dibanding kenvensional marketing, antara lain efisiensi, kecepatan transaksi dan penyampaian informasi kepada konsumen serta penekanan biaya pengeluaran untuk dapat meraih keuntungan investasi yang maksimal, sesuai dengan prinsip dasar ekonomi.
Manfaat dari Internet Marketing antara lain
-Pencitraan atau branding yang dapat berupa produk, logo perusahaan, yang dapat dipasarkan secara kontekstual dan atau visual melalui audio video
-Segmen pasar yang semakin tertarget, melalui forum, rss, milis, kata kunci (keyword) dan lain sebagainya.
-Tracking atau pelacakan, ini adalah kunci untuk menentukan keberhasilan dalam proses affiliasi atau kerjasama dengan pihak ketiga sebagai pemasar produk untuk menentukan jumlah keuntungan, penjualan dan komisi. [Dwi]
0 komentar:
Posting Komentar