Menghindari Pergaulan Bebas

 Kita mungkin sering melihat atau mendengar berita dari media massa tentang pergaulan bebas yang meraja lela di mana-mana. Dimana salah satu pelaku pergaulan bebas itu adalah remaja seperti kita. Sebetulnya apa sih pergaulan bebas itu? Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk penyimpangan, yang mana "bebas" yang dimaksud adalah melewati batas batas norma seperti: sex bebas, minum minuman keras dan penyalahgunaan narkoba.

Remaja sendiri adalah individu labil yang emosinya rentan sering tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Penyebab terjadinya pergaulan bebas bisa berupa masalah keluarga, kekecewaan, pengetahuan yang minim, dan ajakan teman-teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda Indonesia dalam kemajuan bangsa.

Penyebab dan dampak maraknya pergaulan bebas tiap remaja mungkin berbeda tetapi semuanya berakar dari penyebab utama yaitu kekurangan pegangan hidup dalam hal keyakinan/agama dan ketidak stabilan emosi remaja tersebut. Hal tersebut menyebabkan perilaku yang tidak terkendali, seperti sex bebas dan penyalahgunaan narkoba yang bisa berujung kepada penyakit HIV/AIDS dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah pergaulan bebas yaitu:
1. Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME.
2. Memperbaiki cara pandang dengan mencoba bersikap optimis.
3. Menjaga keseimbangan pola hidup.
4. Jujur pada diri sendiri.
5. Memperbaiki cara berkomunikasi dengan orang lain sehingga terjalin hubungan yang baik.
6. Perlu adanya pola pemikiran jangka panjang pada setiap individu.

Selain usaha dari diri masing-masing sebenarnya pergaulan bebas dapat dikurangi apabila setiap orang tua dan anggota masyarakat ikut berperan untuk aktif untuk memberikan motivasi positif juga memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh remaja sehingga dalam proses keremajaan sehingga segalanya menjadi bermanfaat dalam kehidupan setiap remaja. Dengan berarti jadilah remaja yang positif dan dapat berguna bagi bangsa, dan jangan pernah rusak masa indah remaja dengan rayuan kenikmatan sesaat pergaulan bebas. [Dwi]

Sumber: One Magazine, Second Edition

Penulis : Original-Forum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Menghindari Pergaulan Bebas ini dipublish oleh Original-Forum pada hari Jumat, 24 Februari 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Menghindari Pergaulan Bebas
 

1 komentar:

Welcome In Original Forum

Mendaftar gratis, sampai kapan pun.

Original Forum membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan Anda.

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!